Mendikbud Resmikan Penegerian Poltesa

Minggu, 10 Maret 20130 komentar


alt

Sabtu, 09 Maret 2013 19:58


Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI, M Nuh melakukan kunjungan kerja ke Sambas. Kedatangan RI 31 itu dalam rangka peresmian Penegerian Politeknik Terpikat Sambas. Secara seremonial, acara peresmian dipusatkan di Halaman Poltesa, Sabtu (9/3). Puncak peresmian ditandai dengan penandatangan prasasti dan pembukaan selubung penegerian Poltesa. Penandatangan prasasti tersebut dilakukan M Nuh didampingi langsung Istri dan Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi MPH, Direktur Poltesa, Plh Sekda Provinsi Kalbar, beberapa Anggota DPR RI Dapil Kalbar, dan beberapa pejabat penting lainnya.

Penegerian Politeknik kebanggaan masyarakat Kabupaten Sambas tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 15 Tahun 2013 tentang Pendirian Organisasi dan Tata Kerja Politeknik Negeri Sambas tanggal 22 Februari 2013 Lembaran Negara Tahun 2013 Nomor 310. Perubahan Status Poltesa yang baru berdiri sejak empat tahun yang lalu itu menambah keberadaan Politeknik Negeri Di Kalbar. Politeknik Negeri Sambas menjadi Politeknik Negeri Kedua setelah Politeknik Negeri Pontianak.

Momentum Penting tersebut turut dihadiri penggagas pendirian Poltesa, seperti Bupati Sambas dua periode dari 2001 hingga 2011, Ir H Burhanuddin A Rasyid, Wakil Bupati Sambas Periode 2001-2006, Ir H Prabasa Anantatur MH yang juga Wakil Rakyat di Propinsi Kalbar, Forkopinda Kab Sambas, Tokoh Budaya, Masyarakat dan Agama Kab Sambas, pejabat Pemda Kab Sambas, para guru Se-Kab Sambas, termasuk guru perbatasan di Sajingan Besar dan Paloh serta mahasiswa Poltesa.

Penegerian Poltesa tersebut mendapat respon positif dari semua Komponen Masyarakat Kab Sambas. Mereka turut bersyukur dengan perubahan status perguruan negeri itu. Bupati Sambas dalam sambutannya juga mengemukakan hal yang sama. Dia tidak dapat menyembunyikan rasa kegembiraannya saat seremonial penegerian itu dilaksanakan. Bupati Sambas, dr Hj Juliarti Dj Alwi MPH dalam sambutannya menyatakan rasa syukurnya atas penegerian itu. Dia mengatakan penegerian itu merupakan penghargaan yang tinggi bagi pendidikan Kabupaten Sambas.

Pada kesempatan tersebut, Bupati menyampaikan upaya-upaya Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas memajukan pendidikan Bumi Terigas. “Alhamdulillah, segala puji hanya bagi Allah SWT, Pemerintah Daerah sangat berterima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI terlebih kepada Bapak Menteri yang telah bersedia hadir meresmikan penegerian ini dan semua pihak yang telah mendukung baik secara langsung maupun tidak langsung hingga proses penegerian hari ini berlangsung,” ucap dia.

Bupati pada momentum itu menegaskan agar Politeknik Negeri Sambas kedepannya semakin kreatif dan inovatif. Juliarti menyebutkan, kehadiran politeknik di Sambas memberikan dampak positif bagi pembangunan Bumi Terigas. “Keberadaan Politeknik memberikan dampak positif bagi pembangunan IPM Kabupaten Sambas, Alhamdulillah keberadaan Perguruan Tinggi baik Politeknik dan STAI telah mendongkrak prestasi IPM Kabupaten Sambas,” ujar dia. Selain itu, diterangkan dia, keberadaan Politeknik telah memangkas jarak bagi masyarakat kabupaten sambas yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Animo masyarakat terhadap keberadaan perguruan tinggi di Kabupaten Sambas sangat tinggi. 


Share this article :

Terima Kasih Komentarnya...

 
Support : Copyright © 2013-2019. ERJI_ID JAWAI of SAMBAS - All Rights Reserved
Powered by Blogger