Laporan Studi Tour ke Danau Sebedang (sambas-kalimantan barat)

Selasa, 11 Juni 20130 komentar



LAPORAN


POTENSI AGROWISATA DI TAMAN REKREASI
DANAU SEBEDANG (KABUPATEN SAMBAS)

MATA KULIAH MANAJEMEN AGROWISATA


DISUSUN OLEH:
ERJI
NELI TIANI
MARTINUS DIUS
AISYAH
BUKHORI

PROGRAM STUDI AGROBISNIS
POLITEKNIK NEGERI SAMBAS
SAMBAS
2013
 



BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar belakang
Danau  Sebedang Merupakan Danau yang satu-satu nya terdapat Di Kabupaten Sambas yang terletak didesa Sebedang (Kecamatan Sebawi)  ±12 km dari Pusat Ibu Kota Sambas. Danau Sebedang yang lebar 1 km2 dan dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian ±400 m diatas permukaan laut, yang mempunyai pemandangan alam yang menarik dan di kelilingi oleh pegunungan yang sangat indah.
Danau Sebedang merupakan Objek wisata yang mempunyai keindahan alam tersendiri, dengan mengendarai Sepeda Motor, atau Mobil bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan. Sementara Jalan yang di lalui di sekitar Danau ini di hiasi oleh pepohonan yang rimbun.
Danau ini dimanfaatkan masyarakat setempat sebagai tambak ikan, dan juga di arah sebelah kanan merupakan tempat terindah bagi Danau sebedang yang mana terdapat pohon akasia yang banyak yang berada di pinggir danau sebedang sehingga cocok di jadikan tempat istirahat, tanahnya yang lapang yang tertutupi oleh daun-daun pohon akasia dengan batu-batu besar yang menambah keindahan danau sebedang ini.
Dengan keadaan seperti diatas, maka dalam laporan ini kami akan membahas potensi-potensi agrowisata yang dapat dikembangkan di danau sebedang.

B.     Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan laporan ini adalah untuk mengetahui potensi-potensi agrowisata yang dapat dikembangkan di Danau Sebedang, Kecamatan Sebawi, Kabupaten Sambas.




BAB II
METODE PELAKSANAAN
A.    Tempat dan waktu
Pelaksanaan studi tour ini dilaksanakan di lokasi danau sebedang pada tanggal 15 April 2013 pukul 09.00-selesai.

B.     Alat dan bahan
Adapun alat dan bahan yang digunakan adalah sebagai berikut:
1.      Alat
Alat-alat yang digunakan diantaranya:
Ãœ  Kendaraan bermotor
Ãœ  Alat tulis
Ãœ  Kamera
2.      Bahan
Bahan-bahan yang digunakan diantaranya:
Ãœ  Danau sebedang

C.    Prosedur pelaksanaan
Adapun prosedur pelaksanaan studi tour sekaligus praktikum ini adalah sebagai berikut:
Ãœ  Persiapkan alat dan bahan yang akan digunakan.
Ãœ  Amati lokasi danau sebedang dengan saksama.
Ãœ  Carilah potensi-potensi yang dapat dikembangkan di lokasi danau sebedang.
Ãœ  Dokumentasikan lokasi sesuai keinginan.
Ãœ  Diskusikan dengan anggota kelompok kemudian di buat laporan dan dipresentasikan.


BAB III
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.    Hasil
Hasil dari studi tour yang kami laksanakan dapat dilihat dari dokumentasi gambar dibawah ini:




Gambar: Keindahan di Lokasi Danau Sebedang

B.     Pembahasan
Dari hasil diskusi yang kami lakukan, maka kami mengemukakan tentang potensi-potensi agrowisata yang dapat dikembangkan di lokasi danau sebedang, diantaranya:
Ãœ  Pemancingan
Danau sebedang memiliki perairan yang cukup luas dengan kondisi air yang baik. Sehingga menurut pengamatan kami, dengan luas perairan yang mencapai puluhan Ha, bukan tidak mungkin agrowisata pemancingan ditempat ini berpotensi untuk dikembangkan.
Ãœ  Keramba/ tambak
Selain pemancingan, di lokasi ini juga berpotensi untuk dikembangkan budidaya ikan dengan menggunakan keramba. Dengan sistem ini, para wisatawan dapat mengetahui cara budidaya ikan dalam keramba sehingga selain berwisata, mereka juga memperoleh ilmu dan oleh-oleh pastinya.
Ãœ  Taman air
Karena memiliki perairan yang cukup luas, taman air juga tidak kalahnya untuk dikembangkan disini.  Yang kami maksud taman air disini adalah taman yang menjadikan air sebagai penunjang utama dari taman ini. Ditaman ini, kita dapat mengisinya dengan tanaman teratai, eceng gondok, cendawan air dan tanaman air indah lainnya sehungga tamapk indah dan dapat membersihkan air danau.
Ãœ  Warung/toko tanaman
Dilokasi ini juga, kita dapat mendirikan warung tanaman yang menyediakan berbagai jenis tanaman indah yang dapat dijadikan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung di lokasi danau sebedang.
Ãœ  Kebun penelitian
Selain rekreasi, para wisatawan juga secara tidak langsung ingin menambah ilmu pengetahuan mereka dengan penelitian-penelitian. Dikarenakan lokasi danau sebedang dapat ditumbuhi tanaman, kita dapat memanfaatkan lokasi tersebut dengan membuat kebun yang berisi tanaman langka dan unik sehingga membangkitkan minat wisatawan untuk mengetahui hal-hal yang mereka belum ketahui.


BAB IV
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Dari penjelasan diatas, dapat kami tarik kesimpulan sebagai berikut:
Ãœ Danau Sebedang adalah salah satu tempat tujuan wisata yang terletak didesa Sebedang Kecamatan Sebawi. Danau Sebedang yang lebar 1 km kuadrat dan dikelilingi oleh pegunungan dengan ketinggian ± 400 m diatas permukaan laut, mempunyai pemandangan alam yang menarik
Ü Selain sebagai obyek wisata,air dari Danau Sebedang saat ini dimanfaatkan untuk sarana air bersih oleh PDAM Kabupaten Sambas,air ini dialokasikan disekitar kecamatan Tebas,Sebawi,Semparuk dan wilayah sekitarnya.
Ü Potensi-potensi agrowisata yang dapat dikembangkan dilokasi danau sebedang diantaranya adalah:
·      Pemancingan
·      Keramba/tambak
·      Toko/warung tanaman
·      Kebun penelitian
·      Taman air
B.  Saran
Dalam penulisan laporanini, tidak luput dari kesalahan dan kekurangan yang tanpa sadar penyusun lakukan, untuk itu kepada pembaca agar memberikan masukan moral dan koreksi sebagai dukungan dan penyempurnaan untuk laporanselanjutnya. Dan kami berterima kasih kepada pihak yang telah membantu selama penyusunan laporan ini.



Penulis: erji dan kawan-kawan 

Http://www.google.com/danau sebedang diakses pada tanggal 03 mei 2013
http://www.google.com/potensi wisata danau sebedang diakses pada tanggal 03 mei 2013
 


Share this article :

Terima Kasih Komentarnya...

 
Support : Copyright © 2013-2019. ERJI_ID JAWAI of SAMBAS - All Rights Reserved
Powered by Blogger